E-Learning Study

Home » Uncategorized » Global Warming atau Pemanasan Global

Global Warming atau Pemanasan Global

Definisi Pemanasan Global

Apa yang dimaksud dengan pemanasan global? Tentu itu yang ada dalam benak setiap orang bila mendengarkan kata “PEMANASAN GLOBAL” apakah pemanasan secara menyeluruh atau lain sebagainya. Maka dari itu mari kita lihat definisi pemanasan global itu sendiri.

Pemanasan global terdiri dari dua kata yaitu : kata “pemanasan” yang artinya “naiknya suhu, semakin panas” dan kata “global” yang artinya “bumi, dunia, menyeluruh”. Jadi kalimat pemanasan global dapat didefinisikan naiknya suhu bumi.

Awal mula pemanasan global

Kita pastinya bertanya darimanakah awal mulanya pemanasan global? Mari kita lihat sedikit perspektif tentang awal mulanya pemanasan global ini.

Pemanasan global bermula dari revolusi iindustri pada akhir abad ke -18.

Revolusi industry adalah perubahan pola produksi yang dulunya menggunakan tenaga manusia (pekerja) kini menggunakan tenaga mesin dan teknologi (industry). Tiada lain tujuan dari revolusi industry ini adalah untuk mencapai keuntungan yang lebih besar, karena penggunaan mesin dianggap lebih efesien dari pada menggunakan tenaga manusia.

Sejak saat itu juga bahan bakar fosil mulai digunakan secara intensif, tetapi dibalik kemajuan yang diimpikan melalui revolusi industry ada dampak negative atau masalah baru yang akan timbul yaitu pemanasan global atau lebih dikenal dengan global warming, dikarenakan setiap mesin yang digunakan akan menghasilkan gas buangan dari hasil pembakaran yang menimbulkan polusi (emisi gas rumah kaca).

Tentunya kita merenungi kembali kenapa bisa terjadinya pemanasan global? Seperti yang telah dijelaskan diatas penyebab utama pemanasan global adalah gas rumah kaca. Selama ini mungkin dibenak kita banyak yang salah persepsi mengenai efek rumah kaca. Banyak orang yang mengira bahwa efek rumah kaca disebabkan oleh bangunan yang menggunakan banyak kaca, sehingga cahaya matahari terpantul dan melubangi atmosfer, namun bukanlah seperti itu efek dari terjadinya pemanasan global yang kita rasakan selama ini, tetapi melainkan karena banyaknya industry yang menyebabkan polusi udara serta makin banyaknya kenderaan bermotor yang membuang asap dan berkurangnya tumbuh-tubuhan yang bisa menyerap karbon.

Para ilmuan memperkirakan bahwa selama pemanasan global, daerah bagian utara dari belahan bumi utara akan memanas lebih dibandingkan dengan daerah-daerah lain yang ada dibumi. Akibatnya, gunung-gunung es akan mencair dan daratan akan mengecil, sehingga akan lebih sedikit es yang terapung diperairan utara tersebut.

Daerah-daerah yang sebelumnya mengalami salju ringan, diperkirkan tidak akan mengalami lagi disebab kan oleh semakin memanasnya suhu bumi. Sedangkan pada pegunungan didaerah subtropis bagian yang ditutupi salju akan semakin sedikit serta akan lebih cepat mencair dan musin tanam akan lebih panjang dibeberapa area.

Temperature pada musim dingin dan malam hari akan cenderung meningkat. Jadi demi keberlanjutan bumi kedepan pemanasan global harus kita cegah bersama dan harus saling mengerti dikarenakan dengan adanya revolusi industry ini sangat merugikan kehidupan manusia dibumi, mari bersama kita wujudkan lingkungan yang hijau untuk masa depan anak cucu kita mulai sekarang.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: